Beranda | Artikel
Hikmah Disyariatkannya Puasa Ramadhan - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Jumat, 19 Juni 2015

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Hikmah Disyari’atkannya Puasa Ramadhan

Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan kepada kita untuk berpuasa di bulan Ramadhan, dan kita telah memasuki bulan yang mulia ini. Allah Ta’ala berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Allah mensyariatkan puasa Ramadhan bukanlah untuk memberi mudharat kepada hamba-hambaNya, tidak pula untuk memberikan kesengsaraan untuk hamba-hambaNya, akan tetapi semata-mata untuk kemaslahatan mereka dan mensucikan mereka dari dosa-dosa.

Hakikat puasa itu adalah pelajaran yang agung yang menempa seorang hamba untuk melatih kesabarannya, sabar untuk menaati Allah, sabar untuk meninggalkan maksiatnya, dan sabar untuk menghadapi musibah yang menimpanya.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14484-hikmah-disyariatkannya-puasa-ramadhan-khutbah-jumat-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/